Senin, 09 Mei 2016



DAYA TARIK NIAS  (DESA BAWOMATALUO)

Hombo batu 

Lompat Batu ( Hombo Batu)  yang terdapat di Desa Bawomataluo memiliki daya tarik tersendiri yang menjadi icon Pariwisata di Nias Selatan karena atraksinya yang sangat unik dan tidak terdapat atraksi sejenis ini  di belahan dunia manapun.


 


































 Wah ada lagi nih, di Desa Bawomataluo melakukan beberapa atraksi seperti Tari Perang    ( Fatele) dan Tari-tarian (Mogaele) lainnya sering dikemas dalam satu paket atraksi budaya di daerah Nias Selatan  sehingga para wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri memiliki minat berwisata di Nias khususnya di Desa Bawomataluo. 



 





































            Selain dari atraksi diatas, ada juga  Rumah Adat di desa Bawomataluo yang merupakan Rumah yang terbesar di Nias, batu-batu megalitik yang penuh dengan ukiran-ukiran yang sangat indah dan Souvenir karya masyarakat setempat.







Di desa  Bawomataluo juga terdapat tangga naik ( Bosi Nora Bawa Goli) menuju pintu gerbang utama desa, hal ini merupakan tangga yang terbanyak di bandingkan dengan desa-desa lainnya yakni sebanyak 88 anak tangga. 



Jadi, buat Para Wisatawan yang memiliki keinginan datang ke Nias, jangan lupa ya... berkunjung ke Desa Bawomataluo, para wisatawan tidak akan merasa sia-sia berkunjung disana, karena Desa Bawomataluo adalah desa yang Indah, bersih, sejuk, aman  dan juga  masyarakat setempat melayani tamu dengan penuh keramahan. Dan ada lagi, para wanita-wanita di desa Bawomataluopun cantik-cantik.

 

Sarana dan Prasarana 

Sarana angkutan umum dan wisata ( Transportasi) 

Dalam hubungan transporatsi , sebagaimana  mana yang dikemukakan ada beberapa pertanyaan yang diperlukan untuk tercapainya transportasi yang baik, aman dan nyaman sehingga memberikan kesan perjalanan yang menyenangkan bagi  wisatawan. 

1.      Dapatkah wisatawan menjangkau destinasi wisata secara mudah dan dalam keadaan siap? 

Nah, mungkin para wisata yang ingin berkunjung didesa Bawomataluo merasa kuatir masalah transportasi menuju desa tersebut, tapi jangan kuatir berkunjung di desa Bawomataluo.
  Bagi jalur penerbangan, bandara Kualanamu merupakan hubungan bagi berbagai jenis penerbangan untuk menjangkau wilayah kepulauan Nias. Bahkan jalur laut juga dapat ditempuh dari teluk bayur (sumatera barat ) dan sibolga ( Tapanuli Tengah ) menuju pelabuhan telukdalam atau kota Gunung sitoli.
 Jarak kota telukdalam dengan desa Bawomataluo hanya 12 KM. Jalur ini dilayani oleh angkutan umum tarif sekitar Rp. 5000 dan juga ojek dengan tarif Rp. 20.000 

2.      Apakah jalan kabupaten dan jalan menuju destimasi wisata terdapat petunjuk arah ? 

Jalan terus diperbaiki dan di kontrol sehingga calon pengunjung berketepatan hati untuk melakukan kunjungan. Tahap ini jalan dari Gunungsitoli ke telukdalam dan menuju Desa Bawomataluo sudah termasuk mulus dan lancar serta memiliki keamanan bagi para wisatawan. 

3.      Apakah di  Desa Bawomataluo terdapat penginapan / Hotel bagi para wisatawan ? 

Di desa bawomataluo belum tersedia penginapan bagi  wisatawan. Namun tidak jauh dari desa terdapat puluhan penginapan berupa Losmen atau pondok yang di kelola oleh penduduk setempat di daerah Sorake dan lagundri dan begitu juga di telukdalam disana banyak hotel/penginapan. 

*      Nias adalah merupakan tempat wisatawan yang sangat menarik. Dengan kita ketahui bahwa Nias khususnya Desa Bawomataluo  adalah merupakan sebuah perkampungan tradisional yang sudah berumur ratusan tahun yang terletak di puncak bukit yang termasuk dalam wilayah kabupaten Nias Selatan.
*       Masyarakat Desa Bawomataluo  hidup dalam lingkungan yang berbudaya, memiliki Rumah Adat yang besar, batu  megalit dan tangga naik  menuju Desa Bawomataluo serta  keramahan masyarakat setempat, rasa aman dan Fasilitas tersedia yang  memberikan kenyamanan bagi Wisatawan




Makanan Khas Nias 
 
DODOL DURIAN KHAS NIAS memiliki rasa yang sangat khas dengan beraorama Durian,  Dodol ini juga tidak mengandung bahan pengawet lho,,,, Dodol Durian ini di buat dengan cara yang higienis dengan kemasan yang lebih praktis yang bentuknya bervariasi yang bisa dibawa dimana saja dan kapan saja
Nah, jadi jika berkunjung ke Nias jangan lupa beli oleh-olehnya yah!?





 


 




 

9 komentar:

  1. Hebat........ Tugasnya sangat mendetail:)apalagi foto dan backgroundnya keren:)

    BalasHapus
  2. sangat menarik dibaca :) apalagi orangnya yang cantik!? Desa Bawomataluo yang terindah..... tu kampung kamu kan?

    BalasHapus
  3. Desa Bawomataluo yang indah. Slmat buat penelitiannya

    BalasHapus
  4. Tangga kampug Bawomataluo tinggi juga ya

    BalasHapus
  5. Halaman Rumah Adat Bawomataluo tersusun rapi ya Rani:)

    BalasHapus
  6. kak bagus jga ea rmh2 adat yang ada di bawomataluo

    BalasHapus