Sabtu, 21 Mei 2016



Contoh Perusahaan Jasa

PT. INDOSAT, TBK


PT Indosat Tbk adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan saluran komunikasi  untuk  pengguna  telepon  genggam  dengan  pilihan  pra  bayar maupun pascabayar dengan merek jual Matrix, Mentari dan IM3; jasa lainnya
yang  disediakan  adalah  saluran  komunikasi  via  suara  untuk  telepon  tetap
(fixed) termasuk sambungan langsung internasional IDD (International Direct
Dialing), serta jasa nirkabel dengan merk dagang StarOne Perusahaan ini juga
menyediakan     layanan     multimedia,     internet,     dan     komunikasi     data
(MIDI= Multimedia, Internet & Data Communication Services)


Berikut ini adalah bagan struktur organisasi pada PT. Indosat Northern Sumatera Region :
a.   Dewan Direksi

1. President Director & Chief Executive Officer

Menetapkan sasaran utama Perusahaan melalui strategi korporasi jangka pendek dan jangka panjang. Mengelola segala aspek Perusahaan untuk  memastikan  operasional  yang  efektif  dan  menguntungkan,  yang pada akhirnya memungkinkan terjadinya pertumbuhan berkelanjutan untuk mencapai hasil maksimum dari modal yang diinvestasikan. Memimpin perubahan mode operasional dan mengelola lingkungan internal dan eksternal.

2. Director & Chief Financial Officer


Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi keuangan Indosat, mencakup fungsi-fungsi pengendalian, treasury, akuntansi dan pendapatan usaha. Memberikan saran pada unit usaha dan fungsi-fungsi korporasi mengenai rencana keuangan dan model ekonomi mereka. Mengawasi seluruh tanggung jawab fiscal dan fiduciary Perusahaan, bekerja sama dengan Direksi dan komitekomite yang relevan. Bertindak sebagai Kustodian Nilai Pemegang Saham”

3. Director & Chief Technology Officer

a. Memastikan dukungan teknologi bagi fungsi-fungsi operasional, memungkinkan peluncuran produk pada waktu yang tepat; juga memastikan operasional harian aset-aset teknologi secara efektif dan efisien. Membangun jaringan untuk mendukung pertumbuhan usaha


dan mengoperasikan jaringan yang kompetitif dan berkualitas tinggi di dalam   anggaran   belanja   operasiona   dan   belanja   modal   yang disepakati.
b.  Memastikan dukungan IT bagi fungsi-fungsi operasional, memungkin produk memasuki pasar dengan cepat dan pendapatan usaha diakui secara efektif. Memastikan dukungan IT bagi keseluruhan Perusahaan untuk memungkinkan kegiatan usaha harian yang efisien dan efektif.

4. Director & Chief Wholesale and Infrastructure Officer


a.   Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi infrastruktur dan wholesale. Mengevaluasi dan mengkaji pilihan-pilihan untuk membuang dan membangun bisnis baru. Mengembangkan dan mengelola relasi dengan pelaksana.
b.  Menelaah  dan  memperbaharui  strategi  Solusi  Korporasi  Indosat.

Mempersiapkan dan memimpin penerapan organisasi SBU dan model operasional Solusi Korporasi. Mendorong pertumbuhan penjualan di segmen korporasi nasional.

5. Director & Chief Commercial Officer


a. Mengembangkan dan menjaga keberlangsungan organisasi SBU Consumer Wireless.”
b.  Mengembangkan dan mengimplementasikan strategi komersial bagi Consumer Wireless. Memimpin pengembangan strategi SBU Consumer    Broadband,”    memberikan    saran    dan    memimpin
 pengelolaannya.  Memaksimalkan  penjualan  dan  profitabilitas penjualan consumer wireless. Mengembangkan organisasi penjualan dan distribusi khusus.Untuk informasi tambahan, di bawah ini adalah tugas utama setiap Chief sebagai berikut:

6. Chief Corporate Services Officer

Merencana, mengarahkan, dan mengkoordinasikan kegiatan manajemen   sumber   daya   manusia,   mengelola   properti,   manajemen fasilitas, mengelola grup hukum, sekretaris perusahaan dan memastikan proses transformasi berjalan dengan baik.

7. Chief Strategy & Planning Officer


Memberi sarankan kepada Presiden Direktur & CEO dalam mengembangkan tujuan strategis untuk penciptaan nilai, pengembangan daya saing perusahaan,  mengawasi perkembangan bisnis serta kegiatan perencanaan perusahaan. Pada RUPST tanggal 24 Juni 2011, pemegang saham membebas-tugaskan Mr. Peter Wladyslaw Kuncewicz terhitung sejak tanggal 31 Agustus 2011 dan menunjuk Mr. Curt Stefan Carlsson sebagai Direktur terhitung sejak tanggal 1 September 2011.

Jajaran dewan direksi :

1)  Alexander Rusli, Presiden Director and CEO

2)  Fadzri Sentosa, Direktur dan Chief Wholesale

3)  Curt stefan carrlsson, Direktur & Chief Financial Officer

4)  Joy Wahjudi, Direktur & Chief Sales and Distribution Officer

5)  John Martin Thompson, Director & Chief Technology Officer

6)  Indar Atmanto menjabat Chief Corporate Services Officer

7)  Prashant Gokarn diangkat sebagai Chief Strategy & Planning Officer

8)  Ripy Mangkoesoebroto adalah Chief Human Resources Officer Indosat

9)  Loong Tuck Weng adalah Chief Marketing Officer

b.  Dewan Komisaris

1)  Sheikh Abdulla Mohammed S.A Al Thani, Komisaris Utama

2)  Dr. Nasser Mohammed A. Marafih, Komisaris

3)  Richard Farnsworth Seney, Komisaris

4)  Chintya Alison Gordon, Komisaris

5)  Soeprapto S.I.P, Komisaris Independen

6)  Benny Roelyawan, Komisaris Independen

7)  Chris Kanter, Komisaris Independen


Dewan  Komisaris  melaksanakan  kegiatan  utama  berikut  sepanjang tahun buku 2013 berdasarkan tugas pengawasan dan pemberian nasehat, peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anggaran Dasar Perusahaan dan keputusan RUPS:

a)  Menelaah  dan  menyetujui  Rencana  Kerja  dan  Anggaran  Tahunan

Perusahaan untuk tahun 2013 yang diusulkan oleh Direksi.

b)  Memberi  masukan  terhadap  kinerja  Direksi  dalam  melaksanakan

Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2013 yang telah disetujui.







c)  Menelaah  dan  menyetujui  Rencana  Kerja  Tahunan  Perusahaan  dan

Anggaran untuk 2013 yang diusulkan oleh Direksi.

d)  Menelaah dan menyetujui rencana pembiayaan utang oleh Perusahaan.

e) Menelaah dan menyetujui remunerasi Direksi untuk tahun 2014 berdasarkan rekomendasi Komite Remunerasi;
f)   Memberikan rekomendasi kepada RUPS dalam hal penunjukan akuntan publik  yang akan  mengevaluasi kondisi keuangan Perusahaan untuk pelaporan kepada pemegang saham Perusahaan; dan
g)  Menelaah dan menyetujui laporan keuangan, Laporan Tahunan dan 20- F untuk disampaikan kepada pejabat pasar modal yang relevan berdasarkan rekomendasi Komite Audit.

C.  Job Description

Berikut ini disajikan tugas dan wewenang dari setiap jabatan pada PT. Indosat

Northern Sumatera Region Medan :

1.  Unit Kerja Technical Operation

a.   Provisioning & Quality Improvement

Provisioning & Quality Improvement (PQI) memiliki tugas yang berhubungan dengan kualitas jaringan, perbaikan jaringan dan perencanaan :
-     Memonitor performansi dari jaringan, dengan mengambil data dari metrika dan juga melakukan kelayakan ujicoba.
-    Traffic Management, dengan mengukur utilisasi dari BTS.







-    Menjaga KPI, biasanya ditargetkan mencapai 99 %.

-    Pengawasan dan perbaikan tempat/letak yang telah ada.

-     Perencanaan   pembangunan   tempat/letak   baru,   termasuk   disini perencanaan repeater baru.

PQI juga melakukan koordinasi dengan divisi lainnya, salah satunya adalah dengan divisi Fault Management (FM) untuk mengetahui keluhan
keluhan pada pelanggan yang terkait dengan kualitas jaringan, dan juga dengan bagian BSS, jika diperlukan penambahan CU atau pengoptimalan arah dan juga untuk pengoptimalan kemiringan pada antena.


b.   Tim NSS Switching O & M

Tugas dan kewajiban Tim NSS Switching O & M adalah :

-     Pemeliharaan perangkat core cellular seperti MSC, HLR, GPRS, i- Ring, SMS, switching local, SGI, dan CDMA.
-      Menanggapi    keluhan    pelanggan    yang    berhubungan    dengan nomornya.
-    Mengeksekusi penambahan link.

-    Troubleshouting hardware & software.



Tim NSS Switching O & M melakukan koordinasi dengan divisi lainnya, salah adalah satunya dengan divisi Fault Management (FM) dan Call Center untuk mengetahui keluhan pada pelanggan serta dengan bagian Provisioning untuk penambahan link.
c.   Tim BSS O & M

Tugas dan kewajiban Tim BSS O & M adalah :

-    Bertanggung jawab penuh terhadap pengoperasian seluruh BSC dan

BTS yang tersebar di wilayah Sumatera Bagian Utara.

-    KPI, dimana kesalahan pada BTS tidak lebih dari 3 jam.


Dalam melaksanakan tugasnya Tim BSS O & M melakukan kerjasama dengan dengan divisi Network Management Center (NMC) dimana divisi NMC akan mengirimkan Short Message Service (SMS) broadcast ke bagian tim tekhnik BSS jika terdapat kesalahan pada BTS, serta   dengan   fungsi   divisi   PQI   untuk   pengoptimalan   arah   dan kemiringan antena.

d.   Local Network O & M

Tugas dan kewajiban Tim Local Network O & M adalah :

-    Penomoran antar PLMN.

-    Kegiatan interkoneksi.

-    Rencana pemulihan bencana.

-    Pengoperasian dan pemeliharaan Sistem Komunikasi Kabel Laut.


Tim Local Network lah yang melakukan hubungan operator lain untuk  hubungan  interkoneksi  antar  sentral,  sementara  untuk eksekusinya dilakukan oleh divisi Tim NSS O & M. Saat ini tim Local Network  sedang melakukan  proyek  peningkatan  Sistem  Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Asia Tenggara Timue Tengah Eropa Barat (SEA      ME      WE)      3   di   pantai   Cermin,   merupakan   hasil
pengembangan    dari    generasi    yang    sebelumnya    yaitu    Sistem
Komunikasi Kabel Laut SEAMEWE 1 dan 2.

2.   Unit Kerja Marketing dan Sales Support

a.   Marketing Program & Market Analysis

Tugas  dan  tanggung  jawab  Marketing  Program  & Market  Analysis

adalah :

-    Mengusulkan target penghasilan dan langganan per Cabang/ Reps.

-    Mengusulkan parameter kinerja Cabang/ Reps.

-    Memonitor dan mengevaluasi kinerja.

-    Analisa pemetaan pasar dan kompetisi dalam lingkup Regional.

-    Data dasar pendukung pasar untuk Cabang/ Reps.

-    Menyusun  dan  mengkoordinasikan  program  pemasaran  lingkup

Regional.

-    Melakukan evaluasi pasca program di lingkup Regional.

-    Manajemen Budget MSS.


Fungsi ini biasanya berkoordinasi dengan Channel Management

untuk target dari tiap – tiap cabang.



b.  Product Solution Support

Tugas dan tanggung jawab Product Solution Support adalah :

-    Melakukan analisa daya saing produk Indosat.

-    Memformulasikan dan mengusulkan product solution & bundling.

-     Memformulasikan  dan  mengusulkan  suatu  pemberlakuaan  tarif atau biaya khusus untuk semua produk maupun untuk wilayah/ daerah yang spesifik atau tertentu.
-      Mengkoordinasikan  aktivitas  akuisisi/  kerjasama  Corporate  & Community di lingkup Regional.
-     Melakukan  pemeriksaan  dan  memonitor  kualitas  jaringan  dan pelayanan.

Fungsi  divisi  ini  berkoordinasi  dengan  Retention  Management untuk program pelayanan serta unit kerja Technical Operation untuk kualitas jaringan.

c.   Channel Management

Tugas dan tanggung jawab Channel Management adalah :

-    Mengusulkan target distribusi SP dan Voucher per Cabang.

-    Memonitor dan mengevaluasi distribusi.

-    Data dasar pendukung distribusi untuk Cabang.

-     Memformulasikan dan mengkoordinasikan evaluasi hak penjualan lingkup Regional.
-     Menyusun  dan  mengkoordinasikan  program  distribusi  dan  hak penjualan untuk lingkup Regional.

Fungsi ini melakukan koordinasi dengan Retention Management, Marketing Program & Market Analysis untuk peningkatan distribusi dan juga membantu pemasaran untuk tiap – tiap cabang.

d.  Retention Management

Tugas dan tanggung jawab Retention Management adalah :

-    Memformulasikan  dan  mengkoordinasikan  program  peningkatan

revenue dan loyalty di lingkup Regional.

-    Memformulasikan dan mengevaluasi kinerja pelayanan.

-    Data dasar pendukung pelanggan untuk Cabang.


Fungsi ini melakukan koordinasi dengan Channel Management, Marketing Program  & Market Analysis dimana penekanannya lebih kepada tujuan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

e.   Contact Center

Tugas dan tanggung jawab Contact Center adalah :

-    Menyelenggarakan kegiatan Contact Center Regional (Sumatera).

-    Mengkoordinasikan kegiatan registrasi kartu prabayar di lingkup

Regional.


Fungsi   ini   biasanya   melakukan   koordinasi   dengan   bagian Marketing Program & Market Analysis dimana tujuannya untuk sosialisasi program.


3.  Unit Kerja Business Operation Support


a.   Human Resource

Tugas dan tanggung jawab Human Resource (HR) adalah :

-    Melakukan pembayaran gaji karyawan / remunisasi

-     Mengatur pendidikan dan pelatihan bagi karyawan

-    Data dasar pendukung karyawan

-    Restitusi

Fungsi ini melakukan koordinasi dengan cabang untuk pembayaran gaji dan penambahan karyawan serta diklat bagi karyawan, disamping itu fungsi ini juga melakukan koordinasi dengan divisi Learning  & Capabilities di HQ.

b.  Procurement


Tugas dan tanggung jawab Procurement adalah :

-     Pengadaan barang untuk kebutuhan seluruh divisi dan cabang dari regional Sumbagut.
Dalam menjalankan fungsinya, divisi ini melakukan koordinasi dengan divisi atau cabang yang membutuhkan pengadaan barang dan vendor yang akan menyediakan barang serta dengan HQ terutama untuk barang barang yang termasuk dalam kategori Capital Expenditure.

c.    IT Support


Tugas dan tanggung jawab IT Support adalah:

-    Network

Memelihara, mengatur, memonitor network NSR, menginventaris server dan perangkat last-mile network untuk memperluas jaringan serta untuk menjaga performansi last-mile network tersebut.
-    Front End Application

Memelihara server, menjaga konektivitas jaringan sampai di end- user, dan mengatur serta membuat aplikasi-aplikasi yang mendukung kinerja setiap unit.
-    Pemeliharaan Hardware & Software


IT Support dalam menjalankan fungsinya melakukan koordinasi ke banyak divisi terutama yang membutuhkan aplikasi dan perangkat komputer serta email bagi seluruh karyawannya, untuk ke HQ biasanya bagian IT support berhubungan dengan bagian IT Helpdesk.

d.   Property and Site Acquisition


Tugas  dan  tanggung  jawab  Property  and  Site  Acquisition  (SITAC)

adalah:

-    Mengakuisisi lahan kosong untuk pembangunan menara.

-    Perpanjangan sewa tempat.

-    Pembangunan galeri dan kontraknya.

-    Bertanggung jawab terhadap anggaran sewa gedung atau mobil.


Dalam  melaksanakan  fungsinya  SITAC  berkoordinasi  dengan divisi RNP dan vendor yang akan menangani pembangunan menara serta dengan tim tekhnik yang ada di cabang untuk melakukan survei area/daerah untuk mengetahui kondisi area/daerah yang akan dibangun BTS.

4.  Medan Branch


a.   Direct Sales

Direct Sales fokus penjualannya adalah terkait dengan corporate seperti MIDI dan matrix termasuk untuk pengguna pribadi. Fungsi ini banyak melakukan koordinasi dengan bagian Sales Administration untuk pengaktivasian kartu postpaid karyawan.
b.   Indirect Sales

Indirect Sales fokus penjualannya adalah produk seluler yang telah bayar. Fungsi bagian ini biasanya melakukan koordinasi dengan bagian Channel Management regional untuk distribusi SP dan voucher untuk cabang di Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dan dengan pedagang dalam hal penjualan. Fungsi ini juga melakukan koordinasi dengan bagian Marketing Commnication untuk mendukung program mereka.
c.   Sales administration

Sales Administration memiliki tanggung jawab terhadap aktivasi kartu matrix termasuk melakukan survei data pelanggan. Fungsi ini berkoordinasi dengan bagian Direct Sales dan Galeri untuk pelanggan postpaid dan dengan bagian Revenue Assurance untuk tagihan kepada pelanggan.
d.   Customer Service and Retention

Bagian ini membawahi CS galeri. Bagian ini memiliki fungsi retensi yang bertujuan  menjaga  pelanggan  agar  tetap  setia.  Dalam  menjalankan
fungsinya, bagian ini melakukan koordinasi dengan bagian Marketing Commmunication dan juga dengan bagian Indirect Sales untuk program retensi.
e.   Marketing Communication

Bagian  memiliki  tanggung  jawab  untuk  melakukan  promosi  produk kepada pelanggan di area/ wilayah Medan dan Nangroe Aceh Darussalam baik berupa penyelenggaraan acara (event) besar maupun melalui short message service broadcast. Bagian berkoordinasi dengan bagian Indirect Sales dan Customer Service dalam melakukan promosi produk.


Contoh Perusahaan Manufaktur

PT. Pabelan Cerdas Nusantara Surakarta

PT. Pabelan Cerdas Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan dan penerbitan yang menghasilkan produk berupa buku bergaris dan juga buku pelajaran.
Sistem  pembagian  kerja,  wewenang  dan  tanggung  jawab  dari masing-masing  personel  yang  ada  pada  struktur  organisasi  PT.  Pabelan Cerdas Nusantara adalah sebagai berikut:
1.   Direktur Utama

Direktur Utama merupakan pimpinan tertinggi perusahaan yang mempunyai tugas mengkoordinasi segala kegiatan perusahaan, menentukan kebijakan dalam rangka mengembangkan usaha yang dikelolanya dan bertanggung jawab secara kelangsungan kehidupan perusahaan untuk dilaporkan kepada komisaris.
2.   Direktur Umum

Tugas direktur umum adalah membuat program kerja per bulan, per semester  dan  juga  untuk  per  tahun  yang  akan  disahkan  oleh  direktur utama  dan  direktur  umum  ini  bertanggung  jawab  langsung  kepada direktur utama. Selain tugas-tugas di atas direktur umum ini juga bertugas meninjau  dan  mengevaluasi  program  kerja  yang  dilaksanakan  oleh general manager.
3.   Direktur Keuangan

Bertanggung  jawab  kepada  direktur  utama  dan  bertugas  mengelola seluruh keuangan perusahaan serta melakukan rekonsiliasi keuangan dengan anak perusahaan.

4.   Sekretaris

Tugas yang harus diemban oleh seorang sekretaris antara lain melakukan pencatatan-pencatatan tentang berbagai jadwal kegiatan direktur utama, membuat notulen rapat, melaksanakan pekerjaan surat menyurat serta mengadakan hubungan dengan instansi-instansi yang mempunyai hubungan  dengan  transaksi  perusahaan,  mengikuti  pertemuan- pertemuan yang dipimpin oleh direktur utama.
5.   Staf Ahli Direksi

Bertugas memberikan pertimbangan-pertimbangan dalam hal yang berhubungan dengan jalannya perusahaan selain itu juga melakukan analisis-analisis terhadap prospek perusahaan yang dilaporkan secara periodik kepada rapat pimpinan.
6.   Internal Kontrol

Internal Kontrol bertugas   untuk melakukan pengawasan-pengawasan terhadap jalannya perusahaan dan juga menilai kualitas produk yang dihasilkan.
7.   General Manager

Bertugas untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan strategis  yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan mengaplikasikannya dalam kebijakan- kebijakan yang ada dalam perusahaan.
Tanggung jawab seorang general manager dalam PT. Pabelan Cerdas Nusantara ini adalah melakukan pendelegasian wewenang kepada manager-manager yang ada di bawahnya yang secara langsung bertanggung jawab kepada general manager.

















2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat membantu dengan adanya artikel ini. Yusrani,font dan layout penulisan perlu diperbaiki.

      Hapus